Entri Populer

Labels

belajar (1) Info (40) Pengertian (14) Tips (20)

Thursday 4 July 2013

Fotografi dengan HP ? Why not ?

Siapa yang tak kenal kamera ? tentu semua orang tahu, apa lagi untuk seorang fotografer. Tentu merupakan alat yang wajib untuk dimiliki dalam membuat sebuat karya, namun kamera professional seperti DSLR atau paling tidak kamera Mirrorless memiliki harga yang tidak murah. Ya bagi orang yang berdompet tebal tentu bukan masalah membeli kamera dengan lensa yang harga nya selangit. Tapi bagaimana jika kita ingin memcoba dunia fotografi dengan alat seadanya ? tentu bukan hal yang tak mungkin.



Nah pada kesempatan ini Tom-Pedia ingin memberi sedikit tips bagi anda yang ingin memcoba fotografi Makro dengan kamera seadanya, khusus nya kamera HP (handphone). Fotografi makro sendiri merupakan fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop. Fotografi makro biasanya memiliki rasio 1:1 yaitu besar gambar yang dihasilkan sama ukurannya dengan benda aslinya.

Bagi pengguna kamera seperti DSLR, Mirrorless dan Pocket tentu tak masalah yang kebanyakan memiliki fitur macro.Terus bagaimana dengan HP ? tentu bisa. Bagi pengguna HP yang ingin merasakan sensasi foto macro silahkan ikuti tips berikut ini :

1. Siapkan kaca pembesar (lup), perbesaran semakin besar semakin bagus. Tempelkan kaca pembesar tadi pada kamera HP anda. Penulis menggunakan lensa okuler mikroskop dengan perbesaran 10x


2. Rekatkan lensa dengan karet gelang agar tidak jatuh dari HP

3. Atur jarak benda dengan HP untuk mencari fokus yang tepat

4. Yang terakhir tinggal ambil foto dan berkreasi

 Hasil foto Macro penulis

Agar hasil lebih bagus cari tempat dengan intensitas cahaya cukup, karena menurut saya cahaya merupakan hal yang penting dalam fotografi. Karena sensor pada kamera HP lebih kecil dari semua kamera maka cahaya yang cukup menjadi sesuatu yang harus dipenuhi.

Tips lagi untuk memaksimalkan kualitas foto pada HP, yaitu mengurangi noise berlebih dengan plugin Photoshop yaitu Noiseware yang dapat di download disini. Untuk cara menggunakan nya mudah, tinggal buka foto yang ingin di edit dengan photoshop> klik pada filter> pilih imagenomic> klik noiseware. Tunggu sebentar pada jendela Noiseware dan klik OK.

Ini hasil yang penulis ambil dengan HP C2-01 dengan resolusi 3.2 mega pixel dan telah di edit dengan noiseware :


Sebelum

Sesudah

Untuk tips fotografi lain nya akan saya cari dulu, jadi tetap kunjungi Tom-Pedia terus ya.. Selamat mencoba !

Original By : Tom-Pedia

3 komentar:

Fajrin said...

wah lama ane nggak singgah kesini :D

Adianto said...

makasih bang kunjungan nya :D

Fajrin said...

yg woinspir di delete aja bang.. dah tewas domainnya :D haha

Post a Comment